6 Cara Optimasi SEO Website Anda

6 Cara Sederhana Optimasi SEO Website Anda

SEO (Search Engine Optimization) menjadi suatu upaya dalam perbaikan website agar dapat muncul di hasil mesin pencari. SEO tidak hanya fokus pada 1 aspek, melainkan beberapa aspek yang dirangkum dalam cara sederhana optimasi SEO website Anda.

Dengan mengoptimalkan website, maka mesin pencari dapat menampilkan website Anda di hasil pencarian. Tidak hanya menampilkan, melainkan juga dapat mempertahankan apabila website terus diperbaiki. Cara-cara yang dilakukan tidak banyak dan dapat meminta bantuan oleh berbagai jasa SEO yang tersedia.

Penentuan Keyword Target

Penentuan Keyword Target

Keyword menjadi cara optimasi SEO website Anda yang utama. Sebuah keyword yang digunakan dalam mesin pencari dapat mengarahkan ke website. Beberapa tips yang bisa dilakukan terkait penentuan keyword target antara lain.

  • Google Suggestion

Google suggestion merupakan cara mudah dalam menentukan keyword. Anda bisa mencoba suatu keyword dan carilah di mesin pencarian Google Bahasa Indonesia. Setelah pencarian selesai, lihat penelusuran terkait yang ada di bawah halaman. Daftar tersebut dapat menjadi rekomendasi keyword yang ditarget.

  • Google Keyword Planner

Langkah pertama adalah akses adword.google.com, lalu login ke akun google Adwords. Jika belum punya, Anda bisa sign up terlebih dulu. Setelah masuk, pilih menu Tools lalu Keyword Planner.

Pada What Would You Like To Do, pilih Search for New Keyword and Ad Group Ideas. Masukkan jenis produk atau layanan di kolom Your Product or Service. Jika perlu, masukkan data pelengkap di kolom Your Product Category. Jangan lupa untuk memilih Indonesia di kolom Targeting. Klik Get Ideas.

Hasilnya akan memunculkan beberapa rekomendasi yang bisa dilihat di tab Keyword Ideas. Di tabel tersebut akan muncul rekomendasi keyword, jumlah rata-rata pencarian setiap bulan, tingkat persaingan, dan rekomendasi harga. Pilihlah keyword sesuai dengan kemampuan SEO Anda. Semakin tinggi jumlah rata-rata pencarian, semakin rumit proses optimasinya.

Membuat Artikel Berkualitas

Membuat Artikel Berkualitas

Waktu tinggal merupakan lama pengunjung berada di website. Untuk meningkatkan waktu tinggal, cara optimasi SEO website Anda yang bisa dilakukan adalah memasukkan artikel berkualitas dan menarik.

  • Membuat judul menarik

Judul menjadi alat yang dapat menarik pengunjung ke website Anda. Semakin menarik sebuah judul, semakin besar perhatian yang didapatkan dari pengunjung. Pengunjung umumnya menyukai judul yang heboh dan tidak biasa.

  • Memasukkan keyword di judul

Keyword yang ditarget lebih baik dimasukkan dalam judul. Hal ini dilakukan karena judul merupakan aspek pertama yang akan di-crawl oleh Google untuk menentukan tema artikel dalam website tersebut. Oleh karena itu, adanya keyword target akan mempermudah Google menemukan hasil pencarian.

  • Artikel yang meningkatkan user experience

Kemudahan dan kenyamanan pengunjung dalam membaca sebuah artikel dapat menjadi salah satu cara optimasi terbaik. User experience dapat ditingkatkan melalui panjang dan kedalaman artikel.

Artikel yang ditulis dengan jumlah kata yang banyak tetapi menggunakan kata yang tidak efektif akan ditinggalkan pengunjung. Buatlah artikel yang panjang berdasarkan jumlah kata, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh dan lengkap.

Optimasi On-Page

Optimasi On-Page

SEO dapat dilakukan dengan optimasi on-page. Artinya, proses optimasi website dilakukan dalam website tersebut. Optmasi on-page berfungsi untuk memasukkan website ke dalam hasil pencarian di mesin pencari.

  • Menggunakan URL yang singkat

Google akan melewatkan URL yang panjang dan penuh dengan teks. Buatlah URL yang SEO-friendly sehingga bisa di-crawl oleh Google. URL dapat dibuat dengan informatif, singkat, dan memasukkan keyword target. Penggunaan 3-5 kata pertama di URL akan mendapatkan bobot lebih sehingga keyword target lebih baik letakkan di awal.

  • Menggunakan meta deskripsi

Meta deskripsi merupakan salah satu strategi optimasi SEO website Anda selanjutnya. meta deskripsi diletakkan setelah konten dalam wesbite Anda. Meta deskripsi dapat terdiri atas 160-170 karakter. Artinya, meta deskripsi harus singkat, informatif, dan relevan dengan konten.

  • Menggunakan permalink

Permalink merupakan URL yang  mengarahkan ke halaman lain dalam sebuah website. Permalink yang paling sering digunakan dan direkomendasikan untuk SEO website antara lain /%postname% dan /%postname%.html. Permalink lebih tahan terhadap kerusakan karena tidak memiliki batas waktu.

Optimasi Off-Page

Optimasi Off-Page

Optimasi off-page berfokus pada hal-hal yang tidak berkaitan secara langsung dengan website tersebut. Keuntungan yang diperoleh dari optimasi off-page adalah meningkatkan hasil pencarian, meningkatkan reputasi website, dan mendapatkan unique visitor website lebih banyak.

  • Link building

Mesin pencari tidak hanya melihat keyword, tetapi juga melihat link yang mengarah ke website Anda. Mesin pencari akan menilai bahwa website Anda memiliki relevansi terhadap apa yang dicari pengunjung.

Teknik optimasi SEO wesbite Anda menggunakan link building memiliki beberapa kriteria. Beberapa di antaranya adalah jumlah yang mengarah ke website Anda, anchor text link yang diarahkan ke website Anda, otoritas website yang mengarah ke website Anda, dan relevansi dengan konten di website Anda.

  • Guest blogging

Keuntungan yang diperoleh dengan menerapkan guest blogging adalah membangun reputasi dan link building. Guest blogging dilakukan dengan membuat konten di website lain. Dalam konten tersebut akan dibuat link yang dapat mengarah ke website Anda. Dengan kata lain, guest blogging merupakan jasa iklan di website lain.

Kecepatan Loading Website

Kecepatan Loading Website

Kecepatan loading website sangat mempengaruhi SEO. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan loading website Anda.

  • Membuat plug-ins yang benar-benar dibutuhkan

Apabila website membutuhkan plug-ins, gunakanlah plug-ins yang benar-benar dibutuhkan. Hapus plug-ins yang tidak berhubungan dengan konten. Adanya plug-ins dapat mengurangi kecepatan loading website.

  • Memperkecil ukuran gambar

Cara Optimasi SEO website yang paling mudah dilakukan adalah menggunakan gambar dengan ukuran yang kecil. Ukuran kecil bukan berarti Anda menyediakan gambar yang tidak jelas. Anda bisa mengecilkan resolusi gambar untuk menghasilkan kecepatan loading website yang optimal. Gunakan website seperti GTMetrix untuk memeriksa kecepatan loading website.

  • Menggunakan cache

Cache dapat digunakan sebagai penyimpan file website yang sudah dikunjungi. Cache akan meningkatkan kecepatan loading website yang sebelumnya sudah pernah dikunjungi karena pengunjung tidak perlu mendownload ulang file di website tersebut.

Berbagi Artikel ke Social Media

Berbagi Artikel ke Social Media

Media sosial berperan penting dalam optimasi SEO website Anda. Cara yang bisa dilakukan antara lain.

  • Berbagi konten secara manual

Konten dalam sebuah website dapat dibagikan ke berbagai media sosial untuk SEO website. Anda bisa membagikannya secara manual dengan copy-paste link website. Media sosial yang digunakan bisa media sosial yang berhubungan dengan website itu atau milik pribadi.

  • Menggunakan plug-in

Plug-in dapat digunakan untuk membagikan konten website secara otomatis ke berbagai media sosial. Salah satu plug-in yang bisa dicoba adalah Jetpack. Konten yang dipasang di website akan otomatis terpasang di media sosial jika website sudah terhubung dengan Jetpack.

Keenam cara sederhana optimasi SEO website terbaiknya dilakukan secara simultan sehingga hasil yang diperoleh benar-benar optimal. Jika ada pertanyaan, silahkan Hubungi Tim SEO kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Leave a Reply