FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut ini 10 pertanyaan yang sering diajukan untuk membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pemasaran digital, SEO, iklan PPC dan Sosial Media dapat membantu bisnis Anda lebih powerfull bersaing di internet. Kami disini untuk membantu bisnis Anda dan meningkatkan kehadiran web dengan cara apapun yang kami bisa!

1. Apa yang dimaksud dengan “kehadiran web”?

Kehadiran web bisnis adalah jejak digital lengkap dari bisnis yang ditemukan di Internet. Sementara situs dan ditulis, mengandung video dan konten grafis merupakan hal terpenting dari kehadiran web perusahaan, ada beberapa lokasi digital lainnya di mana bisnis mungkin memiliki kehadiran. Termasuk dibawah ini, namun tidak terbatas pada:

  • Link ke halaman dan konten pada website perusahaan dari tempat lain di Internet.
  • Properti sosial media seperti Facebook Page, akun Twitter, akun LinkedIn (bisnis dan pribadi), blog perusahaan, akun Google
  • Mention bisnis atau situs ke sosial media – posting, link, tweet, +1, like, dll
  • Konten video yang dibuat dan diposting di situs berbagi video seperti YouTube, Dialymotion
  • Halaman bisnis lokal seperti Google+ Lokal;
  • Listing di direktori bisnis seperti Bing, Yahoo, Yelp, YellowPages.com, dan lain-lain.
  • Email komunikasi dengan pelanggan dan prospek.
  • Membuat konten bisnis dan berbagi di situs web lain.

2. Apa itu SEO?

Definisi SEO dapat bervariasi tetapi memiliki konsep inti yang konsisten. Menurut Wikipedia:”Search engine optimization (SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.”

Dalam penjelasan agak lebih pendek Search Engine Land menjelaskan:

“SEO singkatan dari “Search engine optimization.” Ini adalah proses mendapatkan lalu lintas secara “gratis,” ” organik,” ” editorial” atau “listing alami di mesin pencari”. Semua mesin pencari utama seperti Google, Yahoo dan Bing memiliki hasil seperti itu, di mana halaman web dan konten lainnya seperti video atau daftar lokal ditampilkan dan peringkat berdasarkan apa mesin pencari menganggap paling relevan untuk pengguna. Pembayaran tidak terlibat, karena dengan iklan pencarian berbayar.”

3. Mengapa bisnis saya membutuhkan perkembangan kehadiran web?

Membangun kehadiran web yang berkembang akan membantu bisnis Anda menjangkau lebih banyak pelanggan baru dan prospek sambil meningkatkan kontak dengan pelanggan yang sudah ada. Pesaing Anda mengembangkan kehadiran web mereka, jadi jika Anda tidak berkembang maka Anda bisa saja kehilangan.

Orang mencari web untuk bisnis, produk atau jasa dengan cara yang berbeda. Beberapa orang menggunakan mesin pencari familiar (Google, Bing, Yahoo). Beberapa orang akan memanfaatkan sosial media seperti Facebook, twitter dan LinkedIn. Orang lain mungkin menggunakan layanan direktori bisnis seperti Yelp, CitySearch atau Foursquare. Ada banyak cara tambahan pengguna internet menemukan bisnis dan metode ini terus berkembang dengan sangat cepat.

Kehadiran web juga membantu mengembangkan kepercayaan dan otoritas untuk pelanggan dan prospek. Semakin banyak orang melihat bisnis Anda lebih besar dan Anda lebih akrab berada di pikiran mereka. Selain itu, kehadiran web yang lebih luas juga akan sering meningkatkan peringkat mesin pencari untuk beberapa alasan yang sama.

4. Mengapa saya butuh SEO untuk bisnis saya?

Search engine optimization adalah komponen penting dari strategi pemasaran dan penjualan bisnis. Dengan munculnya dan memiliki pertumbuhan yang cepat di Internet. Alasan untuk mengembangkan dan menerapkan SEO dan strategi kehadiran web meliputi:

  • Untuk mengoptimalkan kehadiran web Anda dan visibilitas.
  • Untuk membangun branding lebih baik dan positioning untuk bisnis Anda.
  • Untuk meningkatkan kredibilitas online dan kepercayaan untuk bisnis Anda.
  • Untuk mengidentifikasi kata kunci bisnis yang paling efektif.
  • Untuk peringkat tinggi dalam mesin pencari.
  • Untuk meningkatkan lalu lintas dari pelanggan potensial.
  • Untuk meningkatkan jumlah pengunjung berulang dan pelanggan.
  • Untuk pertumbuhan Bisnis Anda.

Tujuan, lingkup proyek dan anggaran untuk SEO dan meningkatkan kehadiran web dapat bervariasi secara signifikan untuk bisnis yang berbeda. Namun, kebutuhan dan pentingnya untuk memiliki keberadaan web dioptimalkan hanya akan tumbuh dari waktu ke waktu. Pada akhirnya, jika pelanggan Anda dan pelanggan potensial tidak menemukan bisnis Anda di Internet, mereka akan menemukan pesaing Anda.

5. Apa itu Keyword?

Keyword dan frase keyword adalah elemen sentral dari optimasi mesin pencari. Dalam definisi yang paling dasar Keyword dan frase keyword adalah jenis teks yang dituliskan web pengguna ke dalam kotak pencarian untuk menemukan informasi atau konten yang relevan. Diutarakan cara lain, keyword adalah deskripsi dari orang-orang mencari informasi dan dapat membawa lalu lintas tertarget ke situs Web Anda.Memilih kata kunci yang terbaik untuk website Anda dan optimasi SEO sangat penting untuk mendapatkan lalu lintas yang ditargetkan ke website Anda dengan kesempatan terbesar mengkonversi mereka kepada pelanggan dan pengunjung berulang. Menggunakan keyword penting untuk peringkat baik dan ditemukan di Internet. Penelitian keyword difokuskan pada lokasi frase kata kunci yang optimal untuk menggambar lalu lintas tertarget ke situs web.

6. Apa itu Sosial Media?

Ada beberapa ide yang berbeda, dan opini tentang mendefinisikan istilah. Namun, ada dua aspek yang konsisten dari “sosial media” : Melibatkan berbagi informasi, dan terus berkembang. Platform media sosial yang paling umum dikenal meliputi Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Google Plus. Definisi yang lebih luas dari media sosial juga akan mencakup situs berbagi sosial seperti YouTube, Dailymotion, Vimeo, Flickr, Pinterest dan Instagram. Jumlah, ruang lingkup dan ukuran situs sosial terus tumbuh dengan sangat cepat.

Menurut Doreen Moran, ahli strategi pemasaran digital dan sosial, “Sosial media merupakan kumpulan platform online dan alat-alat yang digunakan orang untuk berbagi konten, profil, opini, wawasan, pengalaman, perspektif dan media itu sendiri, memfasilitasi percakapan dan interaksi online antara kelompok orang.

Wikipedia menyatakan, “Sosial media mengacu pada sarana interaksi antara orang-orang di mana mereka membuat, berbagi, dan pertukaran informasi dan ide-ide dalam komunitas virtual dan jaringan.

7. Apakah yang dimaksud Pencarian Lokal?

Pencarian Lokal adalah penggunaan tag geografis, seperti negara, kota, atau kode pos sebagai bagian dari frase pencarian ketika melakukan pencarian. Pencarian lokal adalah cara yang efisien untuk mesin pencari memberikan hasil yang relevan, untuk bisnis, produk dan jasa dalam wilayah geografis yang terbatas. Sebuah contoh dari pencarian lokal, juga disebut sebagai SEO lokal, akan memasukkan tulisan “Baju Murah Jakarta” ke dalam kotak pencarian di Google, Bing atau Yahoo.

Bisnis dengan lokasi fisik seperti restoran, bisnis perbaikan, kontraktor, dokter gigi dan mekanik, dapat memperoleh manfaat yang signifikan dari mengoptimalkan kehadiran web mereka untuk peluang pencarian lokal.

Google, Bing dan Yahoo memiliki layanan yang memungkinkan pemilik bisnis lokal untuk menciptakan listing bisnis online dengan akurat, informasi terkini tentang bisnis mereka, produk dan jasa. Daftar ini umumnya akan menyertakan link ke situs web bisnis, nomor telepon dan peta yang menunjukkan lokasi bisnis.

8. Mengapa Ranking Mesin Pencari Sering Berubah?

Web adalah tempat yang dinamis dan Search Engine Results Page (SERP) sering berubah. Ini bisa membuat frustasi pemilik situs dimana suatu hari mereka bisa peringkat nomor 2 untuk frase kata kunci yang penting dan dua hari kemudian mereka dapat peringkat nomor 5.Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi peringkat untuk halaman web dan kata kunci yang diberikan pada setiap hari tertentu. Ini dapat termasuk:

  • Situs baru, halaman web dan konten yang ditemukan oleh mesin pencari setiap hari dan dapat melompat di depan halaman yang ada di peringkat.
  • Situs, halaman web dan konten yang sudah lama dapat diambil offline (dihapus dari web), atau penurunan relevansi karena konten yang tidak berubah atau jarang dikunjungi dalam jangka panjang.
  • Situs dan halaman web yang sudah lama yang ditingkatkan atau ditingkatkan (SEO) untuk membuat konten mereka lebih menarik bagi pengunjung dan mesin pencari.
  • Mesin pencari dapat mengubah cara mereka mengevaluasi website, halaman web, konten dan link, yang dapat mengakibatkan peringkat halaman tertentu untuk keyword tertentu jatuh atau naik tanpa perubahan oleh pemilik website.

9. Berapa biaya jasa SEO dan Kehadiran Web?

Pertanyaan umum ini normalnya memiliki jawaban “tergantung.” Biaya layanan kami tergantung pada kebutuhan klien. Kami bekerja dengan berbagai usaha dan kebutuhan, persyaratan, hasil yang diinginkan dan anggaran dapat bervariasi. Beberapa parameter yang dievaluasi sebagai bagian dari keterlibatan bisnis meliputi:

  • Seberapa besar situs web Anda?
  • Seberapa kompetitif ceruk bisnis atau pasar Anda?
  • Di mana saat ini peringkat untuk kata kunci Anda yang paling penting dan di mana Anda inginkan peringkat tersebut?
  • Berapa banyak kata kunci yang Anda ingin targetkan?
  • Apa kehadiran web yang ada?
  • Seberapa aktif telah bisnis Anda berada di media sosial? Email Pemasaran? penciptaan konten? pemasaran video?

10. Saya memiliki bisnis lokal, apakah saya perlu kehadiran web?

Ini adalah pertanyaan yang sangat valid untuk usaha kecil. Terutama jika anggaran biaya yang ketat. Salah satu cara untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan melihat apa yang dilakukan pesaing Anda. Dalam mengevaluasi pesaing pastikan untuk melihat pesaing secara online dan offline pesaing. Jika produk atau jasa Anda bisnis menyediakan dapat dipesan atau dikirim melalui internet maka pesaing online Anda mungkin sama pentingnya atau bahkan lebih penting daripada pesaing secara offline lokal Anda.

Ini adalah contoh yang baik, jika pelanggan potensial Anda tidak menemukan Anda, mereka menemukan pesaing Anda. Oleh karena itu, tempat yang baik untuk memulai dalam menjawab pertanyaan ini adalah untuk menentukan bagaimana pelanggan Anda dan prospek saat menemukan bisnis Anda. Jika bisnis Anda saat ini tidak memiliki keberadaan web maka ini bisa menjadi kesempatan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dan secara signifikan memperluas bisnis Anda. Jika pesaing Anda memiliki keberadaan web dan Anda tidak, maka Anda bisa menjadi kehilangan banyak bisnis untuk sekarang dan di masa depan.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin membahas bagaimana NeoSeo dapat membantu Anda dengan semua pemasaran digital, SEO, pay per click dan iklan media sosial, silahkan hubungi kami hari ini!