Cloud Hosting Murah Indonesia

Daftar penyedia Cloud Hosting terbaik di Indonesia bagi yang memiliki web dengan traffic tinggi. Layanan Cloud Server dengan garansi Uptime 99.9% didukung dengan fitur hosting yang lengkap.

ProviderPrice/UptimeTop FeaturesLink
150.000/bln
99,99%
Resource Dedicated, LiteSpeed & WP Accelerator, Full Enterprise SSD, Network 10Gig/s Visit Site
81.300/bln
99,99%
Resource Dedicated, Performa 3x Lebih Cepat, SSD Storage & Unlimited Bandwidth Visit Site
82.500/bln
99,97%
Page Speed 10x Lebih Cepat, SpamExperts, SSD Storage, Free SSL Certificate Visit Site
12.000/bln
99,87%
Network Tier-1, Supermicro Server, SSD Storage, Free Litespeed, Bit Ninja Security Visit Site
75.000/bln
99,86%
Ultrafast SSD, Bandwidth Unmetered, Free Litespeed, Free SSL Certificate Visit Site

Pengenalan Cloud Hosting

Dunia Internet semakin harinya terus mengalami kemajuan, seiring berkembangnya teknologi kini internet pun bisa dijadikan lahan penghasilan melalui web ataupun blog. Dalam mengelola sebuah halaman web tentunya dibutuhkan keamanan ekstra untuk menjamin data-data Anda agar tetap aman, salah satu layanan yang menawarkan fasilitas tersebut adalah cloud hosting.

Pemanfaatan teknologi ini akan lebih efisien dan juga aman ketimbang Anda menggunakan layanan hosting gratis. Maka dari itu, kebanyakan orang yang memanfaatkan blog mereka untuk berbisnis akan mempertimbangkan untuk menggunakannya. Lalu sebenarnya apa kegunaan hosting jenis ini? Apa sajakah fitur dan kelebihan yang dimilikinya? Simak dalam bacaan berikut ini.

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah web hosting yang memanfaatkan banyak server yang saling terhubung, tujuannya agar mempercepat proses loading sehingga web dapat diakses tepat waktu. Berbeda dengan penggunaan hosting biasa seperti shared hosting yang memiliki resource terbatas. Resource yang tidak terbatas sangat cocok digunakan pada web yang memiliki trafik tinggi

Penggunaan multi server ini juga memungkinkan kinerja web yang lebih optimal dan bebas gangguan. Sederhananya jika satu server mengalami mengalami masalah, maka server lainnya tidak akan terpengaruh, sehingga hosting masih bisa beroperasi dengan lancar. Karena saat terjadi masalah pada satu server, server lain akan tetap online dan menggantikannya menyediakan sumber daya.

Cloud bekerja dengan cara membagi dan mengelola daya yang dibutuhkan agar tetap beroperasi dan tersebar ke beberapa server, yang kemudian akan diproses sesuai kebutuhan. Sehingga kemungkinan downtime saat ada kerusakan server begitu kecil, hal ini bisa dibuktikan pada situs-situs besar yang menggunakan kinerja ratusan cloud server.

Kelebihan Cloud Hosting Dibanding Shared Hosting

Kelebihan Cloud Hosting Dibanding Shared Hosting

Banyak yang masih bingung antara memilih cloud atau shared hosting, alasannya karena teknologi hosting cloud sendiri masih tergolong baru sehingga belum begitu dikenal. Faktor lain yang membuat banyak orang lebih memilih shared hosting yaitu harganya terkesan murah. Namun, ada beberapa kelebihan tersendiri dari hosting jenis ini bila dibandingkan dengan shared hosting. Kelebihan tersebut bisa Anda ketahui pada tulisan di bawah ini.

  1. Performa

Seperti yang diketahui bahwa shared hosting memiliki kekurangan yang mengharuskan penggunanya berbagai ruang penyimpanan, Ram, bahkan cpu dengan pengguna lain. Bukan saja memori yang Anda gunakan terbatas, namun hal ini juga berpengaruh pada kecepatan akses web Anda. Terutama jika rata-rata penggunanya memiliki jumlah kunjungan web yang padat setiap harinya.

Selain itu, shared hosting hanya mengandalkan satu server untuk dibagi dengan beberapa penyewa, jadi jika salah satu website penyewa mengalami overload maka semua pengguna server tersebut akan terkena dampaknya.

Lain halnya dengan Cloud Hosting Indonesia yang menggunakan banyak server yang saling berhubungan untuk beroperasi, jika terdapat masalah pada satu server, maka pengguna lainnya tidak akan terpengaruh dampak yang ditimbulkan. Bisa disimpulkan dalam hal performa tentu saja hosting jenis ini lebih unggul daripada shared hosting.

  1. Pengeluaran Biaya Lebih Efisien

Mungkin jika Anda membandingkannya dari segi harga, shared hosting terkesan memiliki harga sewa yang lebih murah. Namun jika Anda membandingkan dari manfaat di dapat setelah membayar, sebenarnya cloud hosting lah yang lebih hemat. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya fasilitas yang ditawarkan shared hosting terbatas dan bukan diprioritaskan untuk Anda seorang.

Sedangkan hosting ini notabenenya adalah dedicated server sehingga optimisasi terhadap pelanggan akan lebih diutamakan. Anda juga tidak perlu khawatir akan adanya gangguan pada server yang dapat mempengaruhi halaman web Anda. Sehingga manfaat dari uang yang telah Anda keluarkan benar-benar terasa.

  1. Bandwith Unlimited

Jika ditanya berapa batas kecepatan pertukaran data yang diberikan oleh hosting jenis ini, maka jawabannya adalah tidak terbatas. Inilah salah satu keuntungan yang paling dicari oleh para penyewa cloud hosting murah. Karena dengan adanya fasilitas ini mereka bisa menampung data apapun dari web mereka dengan cepat.

Hal ini tentunya akan sangat berguna bagi web berskala besar yang memang memiliki kebutuhan akan ruang menyimpan data yang tinggi setiap harinya. Di samping itu dengan adanya kapasitas memori yang besar juga bisa dimanfaatkan untuk membackup data-data penting.

  1. Penyimpanan Data yang Aman dan Mudah

Dikarenakan masalah server down sangat langka maka bisa dibilang bahwa data web Anda akan tetap aman. Selain itu server yang selalu online dapat memudahkan Anda dalam mengakses data kapanpun dan dimanapun Anda mau. Tidak seperti menyimpan data pada perangkat keras yang bisa berpotensi mengalami corrupt, data yang Anda simpan disini akan tetap terjamin keutuhannya.

  1. Fleksibel

Cloud lebih fleksibel dalam menyesuaikan resource web sesuai dengan kebutuhan, dalam artian hosting ini akan memberikan resorce sesuai permintaan. Namun jika memang web yang dilayani memiliki traffic dengan angka yang tinggi, maka resource akan disesuaikan lagi dengan jumlah yang lebih tinggi pula.

Fitur Penting Cloud Hosting yang Handal

Fitur Penting Cloud Hosting yang Handal

  1. Penyimpanan Data Menggunakan SSD

Cloud hosting yang handal selalu menggunakan Solid State Drive untuk ruang penyimpanan data pelanggannya. SSD memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam mengolah data, kecepatan proses datanya bahkan 10 kali lebih cepat dari hard disk biasa. Di tambah lagi perangkat keras jenis ini lebih awet untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama.

  1. Auto Healing

Fitur ini berfungsi layaknya saklar otomatis yang langsung memindahkan haluan server saat ada kerusakan, dan langsung berganti ke server lain yang sedang online. Auto healing biasanya akan bekerja dalam hitungan menit saja ketika mendeteksi adanya kerusakan. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan adanya kendala saat mengakses web Anda.

  1. Caching

Dengan adanya fasilitas ini Anda tidak perlu mengakses data menuju databese, Anda hanya cukup memuat dan menyimpannya pada cahching. Uniknya fitur ini memiliki jangka waktu yang berarti file data yang Anda simpan disana bisa kadaluwarsa. Sehingga Anda bisa mengambil data baru dan menyimpannya lagi, jadi tidak perlu disibukkan dengan menulis query lagi.

  1. Memiliki Anti Spam

Fitur ini bekerja untuk mencegah adanya spam yang masuk ke dalam email hosting, tentu saja tujuannya agar Anda lebih nyaman dari email tidak penting yang memenuhi kotak masuk. Fasilitas ini bisa mengatasi gangguan spam dari sisi outbound maupun inbound.

  1. Menggunakan C-panel Terbaru

Control panel berbasis linux ini memang banyak digunakan pada web hosting. Melalui fitur ini, Anda dapat menggunakan segala layanan dalam satu aplikasi. Cloud server yang profesional pasti menggunakan C-panel dengan versi terbaru, hal ini mempertimbangkan dari banyaknya fitur yang terdapat pada C-panel yang telah diupgrade.

Dengan banyaknya menu yang terdapat pada C-panel akan memudahkan Anda untuk mengelola web dengan optimal. Selain itu telah tersedia auto installer script yang menyediakan lebih dari 200 script siap pakai dengan instalasi yang mudah.

  1. Machine Learning

Fitur ini berfungsi untuk menentukan prediksi pada input data yang Anda masukkan, fungsinya hampir sama dengan yang sering Anda lihat pada mesin pencari. Biasanya provider akan menyediakan fitur ini pada clustering ataupun klarifikasi domain.

  1. Memiliki Content Delivery Network

CDN atau Content Delivery Network adalah server cadangan yang ditempatkan pada lokasi atau negara terntu. Tujuannya agar akses web atau aplikasi cloud tetap terjangkau dan memiliki kecepatan akses yang stabil. Hal ini tentunya akan mempermudah para penggunanya untuk mengakses web ataupun cloud darimana saja.

Tips Memilih Layanan Cloud Hosting

Tips Memilih Layanan Cloud Hosting

Dalam memilih cloud hosting tentunya harus dilakukan pertimbangan terlebih dulu seperti melihat harga, fitur yang ditawarkan dan lain sebagainya. Seperti apakah tips untuk memilih layanan hosting yang bagus? Simak pembahasannya di bawah ini.

  1. Pilihlah Penyedia Hosting yang Menjamin Keamanan Data

Saat menggunakan web ataupun blog keamanan data yang dipercayakan pada hosting sangatlah penting, terutama bila web Anda mewakili sebuah perusahaan ataupun proyek besar lainnya. Oleh karena itu, pastikan provider yang Anda pilih memiliki standar yang tinggi dalam menjaga keamanan data pelanggannya agar tidak terjadi kehilangan akibat gangguan ataupun peretasan.

Adapun beberapa faktor yang dapat Anda jadikan patokan dalam memilih provider yang mengutamakan keamanan seperti enkripsi data yang digunakan, antivirus, firewall, ataupun monitoring secara langsung. Selain itu penggunaan perangkat penyimpanan juga berpengaruh terhadap kelangsungan data Anda, sebaiknya pilihlah penyimpanan berbasis SSD.

  1. Harga Hosting

Dalam mencari cloud server yang berkualitas sebaiknya jangan tergiur dengan harga murah ataupun promo tanpa melihat spesifikasinya terlebih dulu. Pastikan Anda mengerti betul apa yang Anda butuhkan, jika harga yang ditawarkan sesuai dengan apa yang Anda perlukan maka tak ada salahnya mengambil tawaran tersebut.

Sebelum Anda memilih paket pastikan juga apakah harga yang dicantumkan sudah termasuk biaya lain-lain seperti konektivitas, perawatan, serta fasilitas pendukung lainnya. Hal ini perlu diteliti terlebih dahulu supaya tidak terjadi pembengkakan biaya yang harus Anda bayar secara rutin nantinya.

  1. Performa Hosting

Performa adalah hal yang paling penting dalam memilih layanan hosting, biasanya untuk mengetahui hosting yang bagus bisa Anda lihat dari spesifikasi yang ditawarkan saat hendak memilih paket pembelian. Spesifikasi ini bisa ditinjau dari cpu yang digunakan, kecepatan transfer data, kapasitas memori, RAM dan lain sebagainya.

  1. Konsisten Terhadap Layanan yang Diberikan

Hampir semua penyedia cloud hosting menawarkan kualitas pelayanan yang baik, maka dari itu Anda harus menyeleksi sendiri mana provider yang akan Anda pilih. Ada baiknya pilihlah penyedia layanan yang siap memberikan garansi jika terjadi kendala seperti kehilangan data, down server ataupun gangguan lain yang dapat mengganggu produktivitas web Anda.

  1. Dukungan Teknis

Provider yang cukup yakin dengan pelayanannya akan mencantumkan bahwa mereka mempunyai technical support maupun customer servis yang siap melayani 24 jam setiap harinya. Dengan adanya dukungan ini akan lebih memudahkan Anda saat mengalami kesulitan, hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi terjadinya masalah serius seperti gangguan pada server hosting.

Seperti itulah penjelasan mengenai cloud hosting beserta fitur dan kelebihan yang dimilikinya. Dapat dilihat bahwa host jenis ini memiliki banyak kelebihan dan masih lebih unggul jika dibandingkan dengan Shared hosting. Anda juga bisa melihat beberapa tips yang telah disampaikan untuk mencari penyedia layanan yang bagus.