Pengertian dan Fungsi Utama SSL Certificate

Banyak orang yang ingin mengetahui fungsi utama SSL certificate. Meski masih merupakan istilah yang cukup asing untuk sebagian orang, SSL certificate adalah salah satu hal terpenting bagi sebuah website. Tanpa adanya SSL di sebuah website, website tersebut akan memiliki label “Not secure” atau tidak aman. Alhasil, tentu saja tidak akan banyak pengunjung yang membuka website tersebut.

Bagi yang ingin mengetahui lebih jauh tentang SSL, terutama pada pengertian dan fungsi utamanya, berikut ini adalah informasi selengkapnya tentang sertifikat SSL. Dengan mengetahui fungsi-fungsi utama dari sertifikat ini, tentu semua pemilik website tidak akan ragu lagi untuk melengkapi website yang dikelolanya dengan sertifikat SSL.

Pengertian SSL Certificate

Sebelum mengetahui fungsi utama SSL certificate, ada baiknya Anda memahami pengertian dari SSL certificate. SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer. Sertifikat ini merupakan tanda jika ada sistem keamanan yang ditambahkan ke website.

Jika sebuah website menggunakan SSL, maka URL website tersebut yang semula adalah HTTP akan berganti menjadi HTTPS. Huruf “S” di paling belakang merupakan singkatan dari kata “Safe” atau “Secure” yang berarti adalah “aman”.

Dari sini sudah bisa disimpulkan jika sebuah website menggunakan sertifikat SSL, website tersebut akan aman dikunjungi karena semua data yang terekam, baik dari visitor maupun dari sumber lain, tidak akan mudah untuk digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Fungsi Utama SSL Certificate

Mengapa SSL cerificate dianggap sangat penting saat ini, terutama di jaman di mana internet sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari? Berikut ini adalah beberapa penjelasan utama akan fungsi utama SSL certificate yang tentunya akan membuktikan pentingnya sistem keamanan yang satu ini pada sebuah website.

1. Memberikan Perlindungan Informasi

Internet merupakan sebuah hal yang bisa diakses oleh semua orang dewasa ini. Banyak situs di internet yang membutuhkan informasi pribadi dari seseorang untuk syarat melanjutkan penelusuran atau untuk pembuatan akun.

Kadang, informasi pribadi tersebut sangat sensitif, seperti nama pengguna (user name) dan kata sandi (password). Bahkan, ada juga informasi yang sangat pribadi dan berbahaya untuk bocor ke publik, seperti informasi kartu kredit atau nomor identitas pribadi, namun tetap harus dimasukkan ke dalam situs untuk pembuatan akun atau tujuan lain.

Agar semua informasi sensitif ini tidak menyebar dan di salah gunakan, proteksi dari SSL sangat diperlukan. Fungsi utama SSL certificate adalah memberikan teknologi yang cukup baik dalam melakukan kriptografi.

Hal ini dilakukan agar data-data visitor yang masuk ke website tidak akan mudah diretas dan diambil oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Inilah mengapa orang-orang akan lebih percaya dan tenang untuk mengunjungi website ber-SSL dan URL-nya HTTPS.

2. Meningkatkan Keamanan Data Antar Server

Ada banyak server yang digunakan ketika seseorang mengakses internet, data yang ditransfer dari server ke server tentunya juga termasuk data-data penting dan sensitif. Akan sangat bahaya jika keamanan data antar server tidak terjaga dengan baik.

Banyak kasus di mana data-data pribadi nan penting akhirnya bocor ke tangan orang yang tak bertanggung jawab. Untuk menghindari hal ini, SSL menggunakan public key cryptography, termasuk yang dinamakan dengan private key dan public key.

Public key akan membantu mengamankan server yang digunakan, termasuk data-data yang terdeteksi. SSL juga membantu untuk mengenkripsi data dan file yang masuk. Inilah salah satu fungsi utama SSL certificate.

Dengan SSL, mengakses internet akan jauh lebih aman dan nyaman, terutama bagi orang-orang yang memang harus mengumbar data-data pribadi ke berbagai situs, termasuk ke situs e-commerce dan situs-situs yang terkait dengan pekerjaan. Jika sudah ada tanda jika website dilindungi oleh sertifikat SSL, tentu visitor akan merasa lebih tenang.

3. Membantu Memperbaiki Tingkat Traffic Website

Salah satu fungsi utama SSL certificate yang mungkin paling dikenal oleh publik adalah meningkatkan traffic website. Karena orang-orang saat ini sudah paham akan pentingnya berinternet dengan aman, maka mereka akan lebih senang mengunjungi situs yang “aman”.

Situs aman di sini termasuk situs-situs yang memiliki ikon gembok di pojok kiri sebelum URL. Ikon gembok ini bisa didapatkan ketika sebuah website menggunakan SSL certificate. Karena website sudah terbukti aman, maka traffic kunjungan tentu saja akan lebih tinggi dan makin tinggi dari hari ke hari.

Inilah mengapa bagi mereka yang ingin meningkatkan traffic pengunjung di website-nya, tidak usah terlalu perhitungan untuk menambahkan sertifikat SSL ke situs yang dikelola. Meski memang harus diperoleh dengan membayar, namun SSL memang sangat berguna untuk meningkatkan trafik.

4. Mendatangkan Lebih Banyak Pengunjung

Hampir sama dengan poin sebelumnya, salah satu fungsi utama SSL certificate adalah memberi tahu semua orang yang mengakses internet jika situs aman dikunjungi. Situs tidak akan membocorkan data pribadi dan menjaga privasi dari pengunjung.

Hal ini membuat orang lebih percaya pada situs ber-SSL. Alhasil, mereka tidak akan ragu-ragu untuk masuk ke dalam situs tersebut, meski harus login atau menyertakan alamat email, jika situs sudah ber-SSL, mereka tidak akan ragu untuk melakukannya.

Alhasil, situs akan memiliki lebih banyak pelanggan dan pengunjung. Dibandingkan dengan situs yang tidak memiliki sertifikat SSL dan bertuliskan “not secure” di box URL-nya, situs yang terlindungi oleh SSL cenderung jauh lebih banyak pengunjungnya.

5. Membantu Menaikkan Ranking di Mesin Pencari

Untuk fungsi utama SSL certificate terakhir yang akan dibahas di sini adalah fungsi pamungkas yang tentu akan terjadi jika semua hal-hal di atas sudah dicapai oleh sebuah website.

Ya, pada akhirnya, website dengan perlindungan SSL akan memiliki tingkat kunjungan tinggi dan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dari pelanggan. Alhasil, Google ranking dari website tersebut tentu saja juga akan naik.

Jika website sudah memiliki Google ranking yang tinggi, website akan lebih mudah ditemukan di mesin pencarian Google dan juga lebih mudah diakses oleh pelanggan. Google tidak akan memberikan akses ini pada situs yang tidak aman.

Inilah mengapa memberikan proteksi SSL sangat sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Biaya untuk membeli sertifikat SSL memang bervariasi, ada yang murah, tapi ada juga yang mahal. Namun, semuanya tujuannya dan fungsi utama SSL certificate-nya sama: meningkatkan keamanan website.

Jika ingin website terlihat profesional, lebih menarik, dan disukai oleh pelanggan, lebih baik segera beri ikon gembok di box URL website Anda. Ikon gembok dan URL HTTPS ini adalah dua hal yang membuat pengunjung akan terus berdatangan masuk ke situs yang Anda kelola.

Demikian informasi yang bisa diberikan tentang sertifikat SSL, mengingat betapa penting perlindungan data pada sebuah situs, maka jangan ragu-ragu lagi untuk menambahkan SSL certificate pada website Anda. Apalagi, sekarang Anda sudah paham ada banyak fungsi utama SSL certificate yang menguntungkan untuk website.