Daftar Web Hosting Terbaik

ProviderFeaturesUptime/SpeedLink
Unlimited Diskspace & Bandwidth, Support 24/7, 10 Website Very Good Visit Site
Subdomain, 10GB Diskspace, 100GB Bandwidth, Support 24/7, 1 Website Very Good Visit Site
Subdomain, 5GB Diskspace, 10GB Bandwidth, Forum Support, 1 Website Good Visit Site
Subdomain, Unlimited Space & Bandwidth, Forum Support, 400 Website Good Visit Site
Subdomain, Unlimited Space & Bandwidth, Forum Support, 1 Website Good Visit Site
Subdomain, 1GB Diskspace, 5GB Bandwidth, Support 24/7, 4 Website Decent Visit Site
10GB Diskspace, Unmetered Bandwidth, Tickets Support, 1 Website Decent Visit Site
250MB Diskspace, 6GB Bandwidth, Tickets Support, 5 Website Bad Visit Site
Unlimited Diskspace & Bandwidth, Tech Support, Unlimited Website Bad Visit Site
1GB Diskspace, 5GB Bandwidth, Support 24/7, 1 Website Bad Visit Site

Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari dunia web dan hosting maka tidak ada salahnya untuk mencicipi berbagai fasilitas yang disediakan oleh web hosting gratis. Free hosting sendiri umumnya digunakan oleh provider dalam rangka mempromosikan produk mereka, agar penggunanya tahu apa saja fasilitas dan kelebihan yang dimilikinya.

Dalam akun hosting yang diberikan kepada pelanggan biasanya memiliki batas waktu tertentu seperti halnya free trial lainnya, dan tentu saja fasilitas yang dimilikinya tidaklah selengkap hosting berbayar. Meskipun demikian nyatanya banyak pemula yang tertarik untuk menggunakan free hosting sebagai media pembelajaran, agar tidak canggung saat memakai hosting berbayar nantinya.

Bagaimana Cara Kerja Web Hosting Gratis?

Bagaimana Cara Kerja Web Hosting Gratis?

Keberadaan free hosting sebenarnya sangat membantu para pemula untuk lebih mengenal mengetahui perkembangan teknologi informasi. Free hosting sendiri sebenarnya memiliki fasilitas dasar yang hampir sama jika dibandingkan dengan hosting berbayar. Perbedaan tersebut biasanya terletak pada jumlah kapasitas penyimpanan, kecepatan, ataupun adanya batas waktu.

Hosting gratis sendiri disediakan oleh developer sebagai tester yang memiliki batas waktu ataupun fasilitas yang seadanya. Tetapi beberapa penyedia layanan ternyata juga memberikan fasilitas gratis tanpa syarat kepada para penggunanya. Adapun beberapa alasan kenapa free hosting sangat cocok digunakan oleh pemula, simak pada bacaan di bawah ini.

  1. Cocok untuk Proyek Web Skala Kecil

Hosting ibarat sebuah tanah, jika Anda hanya membangun sebuah rumah kecil maka sisa tanah tersebut akan mubazir dan hal ini tentunya merupakan pemborosan. Dalam hosting berbayar Anda akan disediakan dengan banyak fasilitas, namun tentunya akan sangat disayangkan jika uang yang Anda keluarkan terbuang sia-sia.

Free hosting yang disediakan dengan kapasitas memori terbatas bisa Anda manfaatkan untuk membangun website kecil sampai menengah tanpa harus mengeluarkan biaya yang berlebihan. Walapun dikatakan kecil namun kapasitas penyimpanan yang disediakan masih bisa dibilang lumayan. Setidaknya memori yang disediakan masih dalam kisaran ratusan Mega hingga 1 Giga byte.

  1. Mudah Dioperasikan

Semua penyedia hosting pasti akan berlomba-lomba dalam memudahkan para pengguna dalam mengaksesnya. Walaupun tidak berbayar, Host gratis didesain sedemikian rupa agar orang yang mengoperasikannya tidak mengalami kesulitan. Bahkan terkadang tampilan antarmuka pada hosting sengaja dibuat lebih sederhana sehingga orang yang pertama kali memakainya bisa terbiasa.

Kemudahan ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat ataupun mengedit situs web tanpa harus belajar coding ataupun bahasa pemrograman terlebih dulu. Tentunya fasilitas seperti ini akan cocok bagi mereka yang belum terlalu kenal dengan dunia informatika. Di tambah lagi jika terdapat template ataupun tool bawaan akan membuat halaman web Anda menjadi tidak monoton.

  1. Cukup Melakukan Registrasi

Untuk mencoba layanan web hosting tanpa biaya ini langkah yang dibutuhkan sangatlah mudah, Anda hanya perlu mendaftarkan alamat email dan membuat akun di penyedia hosting terkait, serta menyetujui segala persyaratan yang ada. Setelah menyelesaikan pendaftaran Anda sudah bisa mendapatkan hosting secara gratis beserta fasilitas didalamnya

  1. Cocok untuk Blogger

Seorang blogger pemula pastinya tidak terlalu membutuhkan domain berbayar yang bisa menguras kantong, pasalnya penghasilan dari sebuah blog memanglah tidak seberapa. Beberapa penyedia hosting yang menyediakan layanan gratis memberikan beberapa kemudahan yang tak kalah dengan hosting berbayar.

Fitur pada free hosting seperti domain gratis akan memudahkan Anda untuk mengubah alamat web agar terlihat lebih profesional. Selain itu beberapa penyedia juga memberikan fasilitas seperti website builder pada layanannya. Walaupun dengan segala keterbatasannya paling tidak Anda masih bisa menggunakan hosting ini untuk satu sampai dua buah website.

Kelebihan Menggunakan Web Hosting Gratis

Apa Kelebihan Layanan Web Hosting Gratis?

Meskipun tidak memerlukan pembayaran untuk mendapatkannya, namun hosting ini masih memiliki beberapa kelebihan yang patut untuk diapresiasi. Kelebihan dari free hosting dapat Anda lihat dalam tulisan di bawah ini.

  1. Tidak Memerlukan Pembayaran Apapun

Sesuai namanya hosting gratis tentunya tidak menuntut biaya apapun dari penggunanya, kecuali bila si pengguna menginginkan upgrade ke paket berbayar. Begitu Anda selesai melakukan registrasi untuk mendapatkan free hosting, maka hosting tersebut sudah menjadi milik Anda tanpa harus membayar sewa bulanan ataupun biaya perawatan.

  1. Akses yang Cepat

Berbeda dengan hosting berbayar yang terkadang akan mengalami masalah saat pengunjungnya terlalu banyak, free hosting dengan brand yang sudah terkenal akan tetap mengutamakan kenyamanan bagi penggunanya. Tidak perlu membayar, dan mendapatkan kecepatan yang hampir setara dengan hosting pada umumnya, tentunya hal ini lumayan menguntungkan.

  1. Keamanan Tetap Terjaga

Memberikan hosting secara cuma-cuma bukanĀ  berarti kualitas keamanan akan diturunkan, free hosting tetap mengutamakan fasilitas keamanan dengan menjaga setiap penggunanya dari ancaman virus ataupun peretasan.

Kekurangan Menggunakan Web Hosting Gratis

Tips Memilih Web Hosting Terbaik

Mungkin saat melihat kelebihan yang ditawarkan free hosting memang tidak begitu banyak, hal ini dikarenakan fasilitas hosting gratis memang tidak selengkap hosting berbayar. Selain itu pada hosting ini terdapat banyak kekurangan seperti di bawah ini.

  1. Fitur yang Sangat Sedikit

Memang bagaimanapun juga yang membayar lebih berhak atas keistimewaan yang ditawarkan oleh masing-masing provider, dan tentu saja yang paling berpengaruh adalah kelengkapan fitur yang diberikan. Pada free hosting biasanya hanya terdapat fitur dasar saja, kalaupun ada fitur lainnya akan dibatasi dan hanya bisa digunakan hingga batas waktu yang telah ditentukan.

Berbeda dengan layanan premium yang segala menu dan fasilitasnya sudah diunlock, free hosting rasanya tidak akan cocok jika Anda gunakan untuk kegiatan berbisnis ataupun urusan penting lainnya. Selain itu pada layanan berbayar biasanya akan terdapat optimisasi yang memungkinkan web Anda lebih mudah masuk ke halaman mesin pencari.

  1. Kapasitas Penyimpanan yang Terbatas

Jika bertanya mengenai kapasitas ruang penyimpanan yang digunakan, maka jangan membandingkan free hosting dengan yang berbayar, karena perbedaan memori yang disediakan sangatlah besar. Biasanya pada host gratis kapasitas yang disediakan tidak akan lebih dari 1 GB. Namun pada hosting berbayar memori yang Anda dapatkan bisa mencapai 500 GB atau bahkan tak terbatas.

Maka dari itu, jika Anda ingin membuat web dengan skala besar sebaiknya pilihlah untuk menggunakan hosting berbayar. Karena selain kapasitas memori yang Anda dapatkan cukup banyak, penggunaan hosting berbayar juga membuat data yang tersimpan di web Anda lebih terjamin keamanannya.

  1. Blog Berpotensi Hilang

Kekurangan yang satu ini rasanya adalah yang paling menjengkelkan, karena tidak ada jaminan pembayaran yang pasti, blog yang Anda buat bisa saja dihapus karena suatu alasan. Hal ini tentunya akan sangat merugikan terutama karena tidak adanya fasilitas backup pada free hosting sehingga data-data berharga pada blog Anda bisa hilang begitu saja.

  1. Server Sering Down

Hal ini adalah masalah yang umum dan sering terjadi pada hosting gratis, alasannya tentu saja karena pihak penyedia lebih mengerahkan perhatian pada hosting berbayar. Selain itu tidak adanya biaya perawatan biasanya membuat pihak developer memasukkan banyak web sekaligus kedalam server mereka.

Lain halnya dengan provider hosting yang menuntut biaya perawatan, namun Anda tidak akan menyesal saat mengeluarkan biaya ini. Pasalnya provider hosting berbayar selalu menjaga kenyamanan penggunanya sehingga kondisi server selalu dipantau dan dilakukan perawatan rutin supaya tidak mengalami kendala seperti error dan lain-lain.

  1. Kuota Bandwith yang Terbatas

Segala keterbatasan yang dimiliki free hosting tidak luput juga dari kuota bandwith yang amat sedikit. Hal ini akan menyebabkan akses web menjadi kurang optimal sehingga website Anda bisa di suspend untuk sementara waktu. Melihat hal ini free hosting tidaklah memiliki kemampuan yang baik jika digunakan pada halaman web dengan jumlah pengunjung yang tinggi.

  1. Iklan

Kekurangan server hosting gratis berikutnya yaitu terdapat aturan dimana pengguna hosting gratis diwajibkan memasang iklan provider mereka. Maksud dari hal ini adalah sebagai bentuk kompensasi atas penggunaan hosting mereka. Namun, tentu saja hal ini akan sangat mengganggu apalagi jika iklan berbetuk pop-up yang dapat mengusik kenyamanan pengunjung website Anda.

Selain kewajiban untuk memasang iklan, biasanya akan terdapat juga adsense yang sering kali muncul saat Anda mengakses hosting. Hal ini tidak dapat dihilangkan kecuali jika Anda mau berganti ke dalam layanan hosting berbayar. Jika Anda sudah berpindah ke layanan berbayar walaupun semurah apapun harganya iklan-iklan tadi akan langsung dihilangkan.

  1. Sering Terjadi Perubahan Syarat dan Ketentuan

Penyedia hosting mempunyai hak untuk merubah syarat serta ketentuan sesuai dengan kemauan dan kebutuhan mereka, sehingga hal inilah yang membuat akun gratis rawan untuk di tutup tanpa adanya pemberitahuan terlebih dulu. Hal ini dikarenakan pihak penyedia layanan menganggap akun hosting gratis tidak dijadikan sebagai prioritas utama dalam kebijakan layanan mereka.

Selain itu, terdapat juga aturan ketat yang harus dipatuhi oleh setiap pengguna free hosting. Hal inilah yang kerap menjadi ranjau bagi para pengguna akun hosting gratis, sehingga menyebabkan akun mereka rawan untuk dibekukan ataupun ditutup secara permanen.

Namun, ada juga provider yang setia dalam melayani pelanggan manapun sehingga saat ada perubahan kebijakan akan dilakukan pemberitahuan terlebih dahulu. Tetapi tetap saja tidak akan ada toleransi jika pengguna tersebut melanggar kebijakan yang telah dibuat oleh perusahaan. Lain halnya dengan pengguna akun berbayar yang sifatnya lebih toleransi terhadap bentuk pelanggaran.

  1. Customer Service yang Kurang Merespon

Adalah hal yang wajar jika provider lebih mementingkan pemberian layanan kepada pelanggan hosting berbayar, karena hal tersebut sudah termasuk ke dalam biaya perawatan yang sudah dibayar setiap bulannya. Hosting gratis sebenarnya juga memiliki customer service namun bisa dipastikan bahwa layanan yang diberikan tidak akan secepat dan sebaik hosting berbayar.

Karena free hosting tidak didukung oleh pelayanan yang baik maka sebaiknya Anda lebih mempertimbangkan untuk menggunakan paket berbayar. Secara tidak langsung keberadaan customer service sangat penting bagi keberadaan hosting Anda, terutama jika web yang Anda kelola digunakan untuk urusan yang penting.

Seperti itulah penjelasan mengenai web hosting gratis beserta kekurangan dan kelebihannya. Tentunya jika dilihat dengan baik free hosting masih memiliki banyak kekurangan, dan hal ini sesuai dengan karakteristiknya yang bisa didapatkan secara cuma-cuma. Maka dari itu, bagi Anda yang serius untuk mencari hosting dengan layanan yang handal, sebaiknya menggunakan hosting yang berbayar.

F.A.Q

Bagaimana cara kerja Web Hosting gratis?

Free Hosting merupakan layanan yang memiliki keterbatasan fitur maupun fasilitas yang disediakan oleh Provider sebagai tester. Jenis Hosting ini cocok untuk blogger pemula dengan proyek web skala kecil.

Apa perbedaan antara Hosting gratis dan berbayar?

Hosting berbayar sudah pasti memiliki fitur dan fasilitas terbaik dibanding yang gratisan. Menggunakan hosting berbayar umumnya mendapatkan paketan Domain Gratis ditambah sertifikat SSL.

Bagaimana cara mendapatkan Web Hosting gratis?

ViralHost telah menyajikan daftar situs hosting gratisan yang sudah memberikan layanan sejak lama. Pilih salah satu Provider untuk membuat akun agar Anda bisa memanfaatkan fasilitas gratis.

Apa kelebihan layanan Web Hosting gratis?

Sangat jelas bahwa Free Hosting didapatkan tanpa biaya. Anda dapat belajar membuat website/blog dengan layanan server gratis ini. Biasanya provider menyediakan subdomain yang digunakan untuk belajar.

Apa kekurangan menggunakan Hosting gratis?

Jenis hosting ini identik dengan keterbatasan fitur, mulai dari kuota Diskspace, Bandwidth dan Sofware pendukung dalam pembuatan website/blog. Umumnya server gratis loading lambat dan sering down.