10 Shared Web Hosting Indonesia

Jasa penyewaan hosting saat ini banyak ditemui. Kebutuhan masyarakat akan website untuk usaha atau institusi semakin tinggi mengingat perkembangan teknologi yang juga terus berjalan. Menyewa hosting dipilih karena memiliki banyak kelebihan, Sebagai pemula dalam membuat website. Anda sangat cocok untuk menggunakan layanan shared hosting atau hosting terbagi.

Provider Shared Hosting Terbaik

ProviderPrice/UptimeTop FeaturesLink
8.000/bln
99,99%
Data Center Tier-4, Disk Space & Bandwidth Unlimited, Gratis Domain & SSL, WordPress Accelerator Visit Site
15.000/bln
99,99%
SSD Disk Space & Bandwidth Unlimited, Kecepatan & Performa Terbaik, Bantuan Chat 24/7 Visit Site
18.900/bln
99,97%
Gratis Domain & SSL (Comodo DV), Bantuan Teknis 24 Non-Stop, Gratis Backup Harian Visit Site
8.739/bln
99,96%
Gratis Domain dan SSL Selamanya, Bandwidth Unlimited, Akses Web 40x Lebih Cepat Visit Site
8.000/bln
99,87%
SSD Disk Space, Bandwidth Unlimited, Performa Terbaik, WordPress Accelerator Visit Site
11.000/bln
99,87%
SSD Disk Space, Bandwidth Unlimited, Gratis Domain & SSL Grade-A, Bit Ninja Security Visit Site
20.000/bln
99,87%
Gratis Domain & SSL Grade A, Up to 40x Faster, Imunify360 AI Security, Ninja Support 24/7 Visit Site
9.900/bln
99,86%
Gratis Domain & SSL, Bandwidth Unlimited, Biaya Setup Gratis, 24/7 Tech Support Visit Site
29.900/bln
99,86%
Gratis Domain & SSL Certificate, Gratis Instalasi, Diskspace & Bandwidth Unlimited Visit Site
22.000/bln
99,86%
Unlimited SSD Storage & Bandwidth, Gratis SSL Certificate, Gratis Instalasi Visit Site

Pengenalan Shared Web Hosting

Sesuai artinya, shared hosting adalah adalah layanan hosting yang terkoneksi dengan internet dan digunakan secara bersama-sama. Jasa penyewaan menyediakan satu server untuk digunakan beberapa pengguna dengan menggunakan domain. Pengguna-pengguna tersebut akan menggunakan sumber daya dari server yang sama dalam waktu yang bersamaan.

Jasa penyewaan akan membagi sumber daya server secara merata kepada akun yang menyewanya. Inilah yang menyebabkan biaya yang diperlukan untuk menyewa hosting jenis Shared lebih murah dibandingkan layanan lain. Layanan ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda perhatikan.

Layanan Shared web hosting sering digunakan oleh orang yang baru memulai sebuah website. Umumnya mereka baru menggunakan sedikit sumber daya dalam website sehingga layanan ini sangat cocok. Selain itu, bagi Anda yang memiliki modal atau tenaga ahli terbatas juga cocok menggunakan layanan ini jika ingin membuat sebuah website.

Tetap ada kemungkinan bahwa website Anda akan semakin berkembang dan membutuhkan sumber daya yang lebih banyak. Ketika Anda memutuskan untuk memilih hosting terbagi, pastikan Anda menanyakan kepada jasa penyewaan apakah Anda dapat meningkatkan layanan ke jenis hosting lain kedepannya.

Perbedaan Shared Hosting & Cloud Hosting

Selain shared hosting, Anda akan dikenalkan dengan cloud hosting. Keduanya merupakan jenis hosting yang dapat digunakan untuk mengembangkan website. Terdapat perbedaan mendasar antara kedua hosting tersebut, yaitu.

✓ Jumlah Server

Hosting terbagi menggunakan server tunggal untuk memberikan sumber daya kepada banyak penggunanya. Artinya CPU, motherboard, RAM, hard disk, power, dan lain sebagainya hanya tersedia satu sumber. Jumlah yang terbatas ini digunakan secara bersamaan untuk beberapa pengguna.

Berbeda dengan cloud hosting. Cloud hosting menggunakan sumber daya yang tidak dibagi dengan pengguna lain. Semua perangkat software digunakan khusus untuk satu pengguna selama masa sewa. Beberapa jasa penyewaan bahkan menyediakan server cadangan sebagai langkah pencegahan website mati jika server utama mati.

✓ Dampak Pengguna Lain

Sejumlah pengguna yang menggunakan satu server akan mempengaruhi satu sama lain. Menggunakan shared hosting dapat mempengaruhi kinerja website satu sama lain. Jika salah satu website pengguna menggunakan sumber daya berlebih, maka hal tersebut akan menyebabkan website lain menjadi terbebani.

Dampak yang paling akan dirasakan oleh pengguna shared hosting lain adalah loading menjadi lebih lambat, kinerja website memburuk, bahkan server gagal secara menyeluruh. Agar tidak menemui dampak tersebut, Anda dapat memilih hosting terbagi yang memiliki sedikit pengguna. Namun, cara ini sedikit sulit dilakukan karena umumnya semua hosting terbagi hampir atau penuh.

Penurunan kinerja website tidak akan Anda temui di cloud hosting. Penggunaan server mandiri akan membuat permasalahan website lain tidak berpengaruh terhadap website Anda. Website Anda akan tetap berjalan dengan lancar meskipun terdapat website lain yang bermasalah atau menggunakan banyak sumber daya. Penggunaannya akan menjadi lebih adil.

✓ Biaya Hosting

Hosting terbagi layaknya sebuah apartemen. Dalam apartemen tersebut terdapat banyak kamar untuk banyak penyewa. Setiap kamar memiliki fasilitas utama yang sama. Ruang gerak penghuninya terbatas di kamar yang disewanya. Pembagian kamar dan fasilitas membuat harga sewa akan menjadi lebih murah karena telah terbagi untuk setiap orang.

Berbeda dengan cloud hosting. Jika menggunakan analogi yang sama, maka satu apartemen adalah satu server. Pengguna satu apartemen tersebut adalah satu orang. Satu orang tersebut berhak menggunakan semua fasilitas dan ruangan yang ada sesuai kebutuhan dan keinginannya. Inilah yang menyebabkan biaya cloud hosting menjadi lebih tinggi dibandingkan hosting terbagi.

Kelebihan Menggunakan Layanan Shared Hosting

Shared hosting dipilih oleh banyak kalangan karena menawarkan banyak kelebihan untuk penggunanya. Berikut merupakan uraian kelebihan dari hosting terbagi yang akan Anda dapatkan ketika menyewanya.

1. Pengeluaran Dapat Ditekan

Sama seperti uraian sebelumnya, penggunaan sebuah server untuk banyak pengguna akan menurunkan biaya operasionalnya. Semua orang akan menanggung biaya yang sama dari menggunakan sebuah server. Hosting ini adalah hosting dengan biaya termurah dibandingkan hosting lain.

Disebabkan biayanya yang murah, hosting terbagi cocok untuk orang-orang yang belum memiliki banyak modal tetapi membutuhkan website. Hosting terbagi sangat cocok untuk pengusaha yang baru merintis atau perusahaan kecil untuk media promosi. Orang-orang yang sedang menjalankan proyek dengan trafik rendah juga bisa menggunakan hosting terbagi untuk membuat website.

Pengeluaran yang sedikit dalam mengembangkan website tidak akan membuat Anda rugi terutama bagi pengusaha baru, pengusaha kecil, institusi baru, atau institusi nonprofit. Hal tersebut akan menguntungkan dari segi pembiayaan.

2. Hanya Perlu Memikirkan Konten

Pemilik website tidak lagi perlu pusing dan kerepotan mengurusi hal-hal terkait teknis. Anda dapat fokus memikirkan konten, produk yang akan dijual, atau desain terbaik yang akan diunggah di website. Kelebihan ini akan membuat Anda dapat menjalankan kegiatan Anda dengan lebih lancar.

Jasa penyewaan akan membantu Anda terkait hal teknis seperti hardware dan software. Anda dapat menentukan spesifikasi yang Anda butuhkan dalam website. Selanjutnya jasa penyewaan akan menyediakannya untuk Anda. Hal tersebut akan meringankan beban dan dapat menghemat waktu untuk mengembangkan website Anda.

3. Mudah Dioperasikan

Menggunakan layanan shared hosting sangat disukai bagi pemula karena pengoperasiannya tidak rumit dan mudah dipahami. Anda cukup menggunakan berbagai pengaturan terkait pengelolaan website saja. Apabila Anda bukan orang yang memahami permasalahan website, Anda dapat menanyakannya kepada jasa penyewaan website.

Segala hal-hal yang berkaitan dengan administrasi dan pemeliharaan server tidak perlu Anda pikirkan. Jasa penyewaan akan menjaga hal tersebut untuk Anda. Jasa penyewaan akan menjaga supaya server yang digunakan dapat berjalan dengan lancar.

Sifat ini hanya berlaku di hosting terbagi. Jika suatu saat website Anda membutuhkan sumber daya lebih besar dan mengharuskan Anda meningkatkan layanan, maka Anda perlu belajar untuk mengoperasikan website Anda.

4. Control Panel Mudah

Control panel berfungsi membantu pengaturan website. Control panel yang dimiliki oleh hosting terbagi sangat mudah untuk dioperasikan dan dipahami. Control panel tersebut menyediakan akses yang luas untuk mengelola website Anda.

Terdapat banyak fitur dalam sebuah control panel. Beberapa fitur yang ada adalah fitur untuk mengunggah gambar atau video ke website Anda. Kemungkinan semua orang dapat melakukannya. Anda juga bisa meminta untuk menambahkan fitur lain seperti angka yang menunjukkan statistika website.

5. Notifikasi Masuk ke E-Mail Pribadi

Meskipun shared hosting digunakan secara bersamaan dengan banyak pengguna, semua notifikasi akan masuk secara pribadi ke e-mail pengguna. Pengguna lain yang menggunakan hosting terbagi tidak akan menerima e-mail terkait notifikasi dari website Anda.

6. Dapat Ditingkatkan Jenisnya

Hosting terbagi termasuk layanan hosting yang paling rendah. Apabila kebutuhan Anda semakin bertambah, Anda dapat meningkatkan dan memperbarui layanan menjadi hosting yang lebih tinggi. Untuk memastikan hal ini, Anda perlu menanyakannya kepada jasa penyewaan hosting.

Kekurangan Menggunakan Layanan Shared Hosting

Di antara banyak kelebihannya, shared web hosting juga memiliki kekurangan. Adanya kekurangan hosting ini dapat diatasi dengan langkah pencegahan dan pengatasian. Jasa penyewaan umumnya telah waspada terhadap kekurangan dari hosting terbagi yang mungkin terjadi. Berikut uraian mengenai kekurangan yang dapat terjadi.

1. Sumber Daya Terbatas

Penggunaan satu server untuk banyak pengguna akan membuat jumlah sumber daya menjadi terbatas. Anda tidak bisa leluasa menggunakan sumber daya karena dapat berdampak pada website pengguna lain. Begitu juga sebaliknya. Penggunaan berlebihan dari pengguna lain akan mempengaruhi kinerja website Anda.

Jika terjadi penggunaan berlebihan dari salah satu pengguna, akibatnya kinerja website akan kurang optimal. Hal ini akan ditunjukkan dengan kecepatan loading yang menurun dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda harus bijak menggunakan sumber daya jika memilih hosting terbagi.

2. Crash Dapat Terjadi Kapan Saja

Akibat dari penggunaan berlebih website dalam shared hosting adalah crash pada website. Adanya crash dapat terjadi sewaktu-waktu. Crash akan membuat website Anda tidak dapat diakses oleh siapapun. Beban berlebih di website harus segera diatasi agar tidak merembet ke bagian server lain. Carilah jasa penyewaan yang menyediakan dukungan teknis dengan cepat.

3. Kontrol Terbatas

Hal teknis yang diurus oleh jasa penyewaan memang sangat membantu dan membuat Anda dapat fokus kepada hal penting yaitu isi website. Namun di sisi lain hal tersebut akan mempengaruhi kontrol yang Anda miliki.

Akses penuh yang dimiliki oleh jasa penyewaan membuat Anda tidak bisa mengatur dengan leluasa. Anda harus meminta bantuan kepada jasa penyewaan jika ada perubahan teknis dari website Anda. Untuk mengatasi ini, Anda perlu mencari jasa penyewaan yang melayani pelanggan 24 jam sehari 7 hari seminggu agar permasalahan Anda segera teratasi.

4. Keamanan Kurang

Penggunaan server secara bersamaan dengan pengguna lain dapat mengurangi tingkat keamanan. Pengguna dalam sebuah server harus diwaspadai terkait penyalahgunaan fitur dan akses terhadap pengguna lain. Banyak data penting yang bersifat rahasia dan tidak boleh dibuka oleh orang lain.

Pengguna dalam sebuah server yang sama akan membuat celah keamanan menjadi lebih rentan. Jika Anda memiliki data sangat dan rahasia, hosting terbagi bukanlah layanan yang disarankan. Lebih baik Anda menggunakan jenis hosting lain dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Meskipun akan membayar lebih mahal, hal tersebut lebih penting untuk menjaga keamanan data.

5. Penggunaan Software Terbatas

Pengguna akan sedikit kesulitan jika ingin menggunakan bermacam-macam software untuk websitenya. Anda tidak dapat memasang secara leluasa software dalam website. Anda hanya dapat menjalankan software yang telah disediakan oleh jasa penyewaan.

Hal ini berkaitan dengan akses yang hanya dimiliki oleh jasa penyewaan. Jika Anda benar-benar membutuhkan suatu software yang tidak disediakan oleh jasa penyewaan, Anda dapat meminta kepada mereka. Kemungkinan Anda akan dikenai biaya tambahan.

Itulah berbagai informasi mengenai shared hosting yang perlu Anda ketahui sebelum memilihnya sebagai server untuk website. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sehingga Anda tidak akan rugi.