VPS Murah Terbaik Indonesia

Daftar penyedia VPS Murah di Indonesia dengan performa tercepat, terbaik dan termurah. Layanan VPS Hosting dengan garansi Uptime 99% didukung dengan fitur hosting terlengkap.

ProviderPrice/UptimeTop FeaturesLink
104.000/bln
99,99%
Raid 10 Disk, Network link 100 Mb/s, Full Akses SSH Root, IP Dedicated Visit Site
57.600/bln
99,99%
IP Dedicated, Akses Root Penuh, SSD Disk Drive, Network 100 MB/S, IPv6 Support Visit Site
100.000/bln
99,97%
100% SSD Super Cepat, Intel Xeon Hexa Core, Absolute Control Visit Site
100.000/bln
99,87%
100% Enterprise SSD, Intel Xeon E5, Spin VM Instance, Multiple Linux OS Visit Site
135.000/bln
99,86%
Raid 10 Disk, Support All Linux OS, Ultrafast Platform, Full Akses Root Visit Site

Web berskala besar biasanya sangat aktif digunakan serta memiliki tingkat kunjungan yang tinggi, oleh karena itu pastinya akan dibutuhkan server dengan kapasitas yang memadai pula. VPS dapat Anda gunakan untuk kebutuhan tersebut, pasalnya hosting ini memiliki spesifikasi yang dapat diandalkan untuk kegiatan berbisnis.

Banyak penggunanya yang sebenarnya berasal dari migrasi shared hosting, alasannya tentu saja karena vps mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki hosting massal tersebut. Lalu sebenarnya apa itu VPS? Kemudian apa saja manfaatnya bagi bisnis dan bagaimana cara memilih VPS murah dan terbaik? simak dalam artikel berikut ini.

Apa itu VPS Hosting?

Hampir sama dengan dedicated hosting, sesuai namanya Virtual Private Server (VPS) adalah jenis hosting yang dikhususkan untuk penggunaan pribadi atau satu orang saja. Jadi penggunanya dapat melakukan apa saja yang diinginkan dengan vps yang telah disewa, serta penggunanya bebas mengontrol resource dan konfigurasi pada vps mereka.

Hosting jenis ini menggunakan teknologi virtual untuk membagi hardaware pada server. Virtualisasi ini memberikan kemudahan untuk melakukan host pada sejumlah server kedalam satu server fisik. Setiap server ini dapat memiliki tujuan penggunaan sendiri serta memungkinkan masing-masing sistem operasi yang berbeda.

Pembagian hardware server secara virtual dilakukan menggunakan software yang kemudian menjadikan beberapa vps dapat dijalankan dalam satu server. Hal ini tentunya bisa memberi dampak yang menguntungkan seperti pada penggunaan RAM, daya pemrosesan, serta ruang penyimpanan dengan biaya yang lebih murah.

Mengapa Bisnis Anda Butuh VPS Hosting

Mengapa Bisnis Anda Butuh VPS Hosting

Mungkin banyak yang bertanya kenapa sih harus menggunakan vps? Apakah penggunaan hosting jenis ini bnar-benar penting? Sebenarnya saat memilih hosting adalah tergantung dari trafic dan kebutuhan Anda, namun kenyataannya VPS terbaik adalah hosting yang paling sering digunakan oleh web berkategori bisnis. VPS banyak digunakan karena berbagai alasan, seperti di bawah ini.

  1. Kontrol Penuh Terhadap Halaman Web

Jarang sekali seorang yang menggunakan hosting gratis ataupun shared hosting bila digunakan untuk bisnis yang serius. Hal ini dikarenakan fitur di dalamnya masih sangat terbatas jika dibandingkan dengan virtual private server.  Belum lagi jika web Anda memiliki kunjungan yang padat setiap harinya, maka diperlukan resource yang tinggi pula untuk mengatasinya.

Salah satu fitur vps yang sering dimanfaatkan pebisnis adalah kegunaannya sebagai remote desktop. Remote ini bekerja dengan bot yang dimasukkan ke dalam server. Kemudian bot ini akan melakukan semua perintah sesuai yang terprogram dan bekerja otomatis hingga batas waktu yang telah ditentukan.

  1. Skalabilitas

Masalah web yang mengalami lonjakan trafik memang sangat sering terjadi, terutama bila web tersebut adalah situs jual beli online. Salah satu kemampuan vps yaitu meningkatkan sumber daya pada hosting, sehingga hal ini akan sangat berguna saat Anda membutuhkan sumber daya sesuai permintaan Anda.

  1. Lebih Mudah Dijangkau SEO

Dengan pemakaian domain dan hosting yang terpercaya seperti vps akan membuat para pengunjung lebih percaya dengan web Anda. Secara tidak langsung hal ini akan mempengaruhi mesin pencari untuk menaikkan peringkat halaman web Anda, yang kemudian bisa saja situs Anda muncul di halaman pertama saat pencarian.

Tentunya kondisi ini akan sangat menguntungkan bisnis manapun, karena usaha mereka bisa dipasarkan secara tidak langsung oleh mesin pencari secara gratis. Hasilnya web bisnis Anda menjadi semakin dikenal oleh banyak orang yang menjelajahi internet, dan jangkauan pasar Anda pun semakin luas.

  1. Membuat Bisnis Online Semakin Aman

VPS terbaik pasti akan selalu mementingkan keamanan penggunanya, terutama dengan berkembangnya berbagai malware, virus serta bahaya peretasan. Dengan menggunakan vps transaksi pembelian yang dilakukan melalui jaringan internet akan lebih aman dari beberapa faktor bahaya yang telah disebutkan tadi.

  1. Hemat Waktu

Hosting jenis ini memungkinkan Anda untuk mengakses semua aplikasi secara online pada perangkat apapun, sehingga Anda tidak harus selalu menggunakan komputer untuk mengoperasikannya. Di tambah lagi kecepatan transfer data yang tinggi akan menghemat waktu Anda dalam pengelolaan web.

Keuntungan lainnya Anda akan lebih leluasa dalam mengatur akun hosting ini sendiri, sehingga tidak perlu menghubungi teknisi ataupun customer servis hanya untuk menginstal sebuah aplikasi.

  1. Hemat Biaya

Menggunakan jasa VPS murah sebenarnya tidak mahal, jika dipikir secara matang dan melihat banyaknya fasilitas yang ditawarkan. Berbeda dengan shared hosting yang layanannya masih sangat terbatas dan Anda pun harus membayar lagi untuk mendapatkan fasilitas tambahan yang diperlukan. Sedangkan VPS disediakan dengan fasilitas lengkap dan hanya digunakan untuk pribadi.

Penyedia hosting jenis ini sudah banyak yang menerapkan teknologi komputasi awan atau cloud hosting, sehingga masalah seperti server down atau overload hampir tidak pernah terjadi. Jika dipikirkan lagi pengeluaran yang Anda gunakan sebagai modal membeli VPS tidak ada ruginya sama sekali, karena kualitas layanannya memang dapat diandalkan di berbagai kondisi.

Memilih VPS Linux atau VPS Windows

Memilih VPS Linux atau VPS Windows

Bingung dalam memilih sistem operasi yang digunakan oleh VPS terbaik? Memang kebanyakan penyedia layanan host cenderung menggunakan linux, namun karena pengguna di Indonesia masih agak asing dengan sistem operasi yang satu ini membuat mereka ragu.

Sebenarnya baik windows maupun lnux semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Adapun perbedaan keduanya bisa Anda lihat dalam bacaan di bawah ini.

  1. Kontrol Panel

Bagi yang sudah lama terjun di dunia web pasti sudah tidak asing dengan cpanel, dan kontrol panel hosting ini beroperasi menggunakan Linux. Namun tahun 2011 lalu pihak cpnel sudah resmi merilis Enkompass, yaitu kontrol panel hosting yang dikhususkan untuk windows. Tetapi memang tak bisa dipungkiri bahwa kontrol panel yang sering dipakai sampai saat ini adalah yang berbasis linux.

  1. Performa

Dalam penggunaan sumber daya linux cenderung lebih hemat daripada windows, selain itu linux juga tidak memerlukan reboot ketika berada di beban yang tinggi. Lain halnya dengan windows yang mengharuskannya melakukan reboot untuk setiap pembaruan software ataupun pathch kecil lainnya. Selain itu penggunaan GUI bisa menjadi pemakan sumber daya jika tidak disetting dengan benar.

  1. Harga

Untuk harga VPS terbaik pastinya bisa ditebak bahwa linux jauh lebih murah daripada windows, alasannya karena linux bersifat opensource dan benar-benar gratis dalam penggunaannya. Sedangkan windows yang berlisensi mengharuskannya dipatok dengan harga yang lebih tinggi.

  1. Aplikasi Pemrograman

Sistem operasi windows mendukung bahasa pemrograman seperti ASP, VB Development, Cold Fusion, C#, NET, dan produk microsoft lainnya. Sedangkan linux lebih cocok pada aplikasi open source, contohnya seperti Java, SSH, PHP, ROR, Front Page Extensions, Python, dan CGI.

Linux yang open source membuatnya terdapat banyak aplikasi yang bisa digunakan secara gratis, berbeda dengan windows yang harus melakukan pembelian secara resmi terlebih dulu.

  1. Keamanan

Untuk masalah keamanan VPS terbaik sebenarnya keduanya sangat bisa diandalkan namun server yang beroperasi dengan linux dianggap lebih aman. Alasannya hak keamanan hanya bisa diakses dan diedit oleh administrator. Tetapi perlu diperjelas bahwa keduanya memang memiliki tingkat proteksi yang baik dalam melindungi privasi data, malware, dan juga virus.

Pada pembahasan diatas mungkin sekilas terlihat bahwa linux lebih unggul, namun hal ini dikembalikan pada kebutuhan masing-masing. Jika provider Anda menggunakan PHP atau ASP.net maka windows akan menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan jika aplikasi Anda bekerja dengan Python, Ruby, ataupun PERL maka penggunaan linux akan lebih cocok.

Tips Memilih VPS Murah Nan Handal 

Tips Memilih VPS Murah Nan Handal

  1. Sistem Operasi

Pemilihan sistem operasi yang akan digunakan adalah faktor penting yang harus Anda tentukan. Jika aplikasi yang ingin Anda gunakan lebih cocok dengan windows maka gunakanlah windows, begitu juga dengan linux. Namun para provider VPS terbaik kini sepertinya sudah menyediakan pilihan untuk keduanya, jadi Anda bisa melakukan konsultasi saat pembelian.

  1. Spesifikasi Server

Perlu diketahui bahwa vps hosting juga memiliki batasan pada servernya, hal ini seperti kapasitas RAM dan CPU yang digunakannya. Biasanya Anda akan diberitahu tentang spesifikasi yang Anda dapatkan saat memilih paket. Semakin tinggi paket yang Anda pilih maka ketersediaan RAM juga akan semakin besar, sehingga Anda bisa menambahkan banyak situs web di dalamnya.

  1. Fasilitas Penyimpanan Data

Perangkat keras yang digunakan untuk penyimpanan VPS terbaik adalah SSD, namun ada juga yang tetap menggunakan hard disk namun disertai kualitas yang bagus. Jenis perangkat ini turut mempengaruhi harga paket yang Anda pilih, biasanya yang menggunakan hard disk akan lebih murah dan juga memiliki kapasitas yang lebih besar.

Tetapi dari segi keawetan dan kecepatan mengolah data SSD jauh lebih baik daripada hard disk. Selain itu SSD ditengarai sebagai fasilitas penyimpanan yang paling aman dari bad sector, sehingga keselamatan data Anda akan lebih terjaga bila disimpan di sini.

  1. Memperhitungkan Kuota Bandwidth

Seperti yang diketahui pada setiap paket kuota bandwith perbulannya akan dibatasi, hal ini perlu disikapi karena saat kuota tersebut habis Anda bisa saja dikenakan biaya tambahan. Selain itu jika penggunaan bandwidth melebihi kuota, maka akses menuju web Anda akan berkurang kecepatannya, maka dari itu pertimbangkan dengan baik sebelum memilih paket VPS.

  1. Mempertimbangkan Teknologi Yang Digunakan

VPS terbaik pastinya akan didukung dengan teknologi terbaru, sehingga hal ini dapat mempermudah Anda dalam mengelola dan mengatur web. Teknologi tesebut sepeti pemantauan terhadap kondisi CPU, RAM, inode,dan juga kapasitas memori.

VPS dengan teknologi terupdate biasanya dilengkapi dengan panel kontrol server menggunakan remote. Sehingga  kegiatan seperti reboot, shut down, dll bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini tentunya sangat berguna bila sewaktu-waktu terjadi kendala pada server, sehingga Anda dapat mengatasinya melalui remote dan melakukan reboot.

  1. Memilih VPS Managed

Jika Anda tidak begitu paham dengan konfigurasi pada vps maka layanan ini akan sangat berguna bagi Anda. VPS Managed memudahkan penggunanya agar tidak perlu melakukan konfigurasi, instalasi, ataupun perawatan pada VPS. Dengan kata lain semua masalah dan kendala lainnya adalah tanggung jawab provider, jadi pengguna hanya tinggal menikmati layanan yang diberikan.

Lain halnya dengan VPS Unmanaged, segala jenis setting dan konfigurasi harus dilakukan oleh penggunanya. Jadi bisa disimpulkan bahwa VPS terbaik adalah yang selalu memudahkan penggunanya. Oleh karena itu, tanyakan terlebih dahulu kebijakan yang dimiliki provider sebelum Anda menentukan paket pilihan Anda.